15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidka menyatu dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Kalau kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul kamu kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.

sobat malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja indeking di konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel