16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

anda malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mengindek artikel anda sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel