10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"
Catat Ulasan