16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu postingan.

anda malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja indeking di halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel