16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan
Ahad, 27 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun sebab masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.
Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.
Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.
Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.
External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.
Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.
Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika harus, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun sebab masih ada di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.
Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.
Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.
Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.
External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.
Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.
Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika harus, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan