16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

anda malah kudu waspada jika seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel