10 Cara Membuat Konten SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.
0 Response to "10 Cara Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan