15Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu artikel.
kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu artikel.
kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "15Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan