12 Trik Membuat Konten SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
0 Response to "12 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan