15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di artikel yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel