15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kalau judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling pada tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Kalau harus, kawan juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mengindek konten kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel