15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.

anda malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Jika bisa, sobat juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel