15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, anda lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan memakai image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel