12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel