12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly
Ahad, 27 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.
Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.
Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.
Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.
External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda menjual produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.
Contoh lain jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.
Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan crawling pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.
Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.
Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.
Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.
External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda menjual produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.
Contoh lain jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.
Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan crawling pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly"
Catat Ulasan