Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya masukkan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
sobat malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan