12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kalian malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu artikel.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau harus, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian mengenalkan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kalian malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau harus, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan