12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel