16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel