10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu download itu. Jika harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel