10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

anda malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel