Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun karena masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel