Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel