Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

anda malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel