Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi sebab masih ada di page one masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.
anda malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, anda sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau harus, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"
Catat Ulasan