Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang anda download tersebut. Jika perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel