Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah artikel.
anda malah kudu waspada jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang canggih
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan