Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu tulisan.

kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca silau dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel