Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking di halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel