Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel