Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka surfing blog kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu visitor maka silahkan saja.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel