Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat menjual sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau harus, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.
0 Response to "Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan