Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel