Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika anda menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

kalian malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, sobat lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel