Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Sabtu, 23 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.
Maksud admin adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan