Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah expired, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kawan bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel