Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel