Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kalian malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, sobat sedang membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang kalian download itu. Jika perlu, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel