Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Isnin, 4 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.
kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai tulisan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.
kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di artikel itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai tulisan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa merajai page one.
0 Response to "Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan