Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun hanya akibat masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.
kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan