Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel