Cara Membuat Konten SEO Friendly

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.

sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Cara Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel