Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly
Sabtu, 23 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.
Maksud saya adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kalian malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kalian malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan