Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense
Isnin, 25 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan