Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian menjual sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.

anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel