Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, sobat juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel