Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, anda sedang menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel