Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.
anda malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan