Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.

sobat malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel