Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika perlu, sobat juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel